actingSeperti yang pernah saya sampaikan, dalam suatu cerita sandiwara, sinetron, film atau bahkan cerita kehidupan yang sesungguhnya terdapat peran Protagonis yaitu orang yang berperan sebagai orang baik, panutan atau jagoan, dan peran Antagonis yaitu orang yang berperan sebagai pihak yang jahat, menyebalkan atau lawan dari jagoan.

Saya yakin, sebagian besar orang pastilah lebih ingin berperan sebagai orang baik atau jagoan daripada berperan sebagai penjahat.

Demikian pula dengan kehidupan ini, kebanyakan orang ingin tampil baik di depan orang lain sehingga mendapatkan kesan yang baik. Istilah gaulnya ‘Jaim’ atau jaga image.

Kita selalu berusaha menceritakan yang baik-baik mengenai kita kepada orang lain dan berusaha menyimpan kejelekan-kejelekan kita. Semua kita lakukan agar orang lain mendapatkan kesan yang baik terhadap kita.

Seorang aktris sinetron yang sering mendapatkan peran Antagonis sebagai seorang ibu yang jahat pernah bercerita bahwa bila dia bepergian kemanapun banyak bertemu dengan orang yang membencinya, mengumpat bahkan menjambak rambutnya di karenakan peran-peran jahat yang dibawakannya. Padahal aktris itu sudah menerangkan bahwa itu hanya sekedar peran bukan yang sebenarnya, namun masyarakat sudah terlanjur membencinya karena peran Antagonis tersebut.

Coba kita tanyakan kepada diri kita, peran apa yang ingin kita lakoni dalam kehidupan ini? Menjadi seorang Protagonis atau jagoan yang di sukai banyak orang atau menjadi penjahat yang dibenci banyak orang?

Saya rasa lebih banyak orang yang ingin berperan sebagai protagonis daripada Antagonis. Selanjutnya adalah apakah kita benar-benar berperilaku seperti seorang Protagonis yang sesungguhnya atau hanya sekedar ingin saja namun sifat dan kelakuan kita tidak mencerminkan seorang Protagonis yang patut di sukai dan diteladani?

Oleh karena itu, jadilah Protagonis yang benar-benar mencerminkan sifat-sifat seorang Protagonis. Jangan sampai dalam kehidupan ini, kita malah berperan sebagai seorang Antagonis yang dibenci banyak orang.

 

  • Share/Bookmark

Leave a Reply