hawaii_retreat_water_fallSebagian orang mengatakan surga diatas sana, neraka dibawah sana untuk menggambarkan betapa jauh perbedaan antara keduanya.

Kalau ingin surga berbuatlah kebaikan, sebaliknya jangan berbuat kejahatan bila tidak mau neraka. Suatu anjuran yang baik untuk mengarahkan manusia harus berbuat baik alih-alih berbuat jahat.

Namun sebenarnya adakah surga dan neraka? Siapakah yang pernah pergi kesana dan kembali memberitahukan kita mengenai tempat tersebut dan keadaan disana?

Apakah Anda mau bila suatu waktu ada yang bisa mengajak Anda mengunjungi surga dan neraka? Apakah ada jaminan setelah kunjungan tersebut masih bisa kembali ke bumi, kembali berkumpul dengan keluarga dan menceritakan semua pengalaman kita disana?

Bagaimana bila setelah berkunjung kesana Anda tidak bisa kembali? Alias mati? One way ticket gitu.

Kalau saya sih ogah, mendingan saya berkunjung kesana setelah sampai waktunya bagi saya untuk berkunjung kesana, yaitu di akhir perjalanan hidup saya.

Bagi saya, sementara surga dan neraka itu adanya di dunia, yah di bumi kita hidup ini.

Bukankah bila di kehidupan ini, kita tidak kekurangan uang, mempunyai keluarga yang sehat dan bahagia, segala sesuatu berjalan dengan lancar baik pekerjaan ataupun bisnis, banyak teman, bukankah itu adalah surga?

Di waktu kerja kita bekerja dengan baik, di waktu liburan kita dapat pergi berlibur ke tempat yang indah-indah seperti pulau Bali yang di konotasikan sebagai Pulau Dewata, bukankah itu adalah surga?

Sebaliknya, bila dikehidupan ini kita serba kekurangan dalam hal materi, tidak punya rumah, tidak punya mobil, keluarga berantakan, pekerjaan ataupun bisnis amburadul, bukankah itu sudah terasa seperti di neraka?

Bukankah lebih baik kita memikirkan surga dan neraka yang ada di dunia ini dibandingkan pusing memikirkan surga dan neraka yang ada entah dimana? Namun, berbuat kungtek dan kebaikan selalu di lakukan untuk bekal menghadapi kehidupan kita berikutnya.

Marilah, kita bersama-sama berbuat yang terbaik dalam kehidupan kita untuk bisa mendapatkan surga di dunia. Mungkin suatu waktu nanti kita akan bertemu dan bersama menikmati surga di kehidupan ini. Cia you!

  • Share/Bookmark

Leave a Reply