parents loveSalah satu sikap hidup yang dijunjung tinggi dalam Agama Tao dalam kehidupan sehari-hari adalah menyayangi dan menghormati orang tua (Siao Suen).

Sikap hidup ini sangatlah penting, karena kita perlu sadar bahwa yang melahirkan dan merawat kita adalah kedua orang tua kita sehingga wajib lah kita membalasnya dengan menyayangi dan menghormati orang tua kita. Bila hal itu kita lakukan pun rasanya tidak akan membalas habis apa yang telah orang tua kita berikan kepada kita.

Kadang kala, gejolak emosi membuat kita lupa akan hal itu. Kadang aturan-aturan maupun larangan-larangan orang tua membuat kita berontak, membuat kita merasa benar dengan apa yang kita lakukan. Kadang tanpa sadar kita menyakiti perasaan orang tua kita dengan perlawanan-perlawanan yang kita lakukan. Hal tersebut wajar-wajar saja bila kita merasa menyesal setelahnya dan menyadari bahwa hal itu tidaklah patut kita lakukan. Kita masih dalam tahap Siu Tao menuju kesempurnaan, mempunyai sifat-sifat tersebut adalah wajar namun perlu di ‘Siu’ agar lambat laun hilang nantinya.

Pengalaman dalam hidup mengajarkan kita banyak hal bila kita bisa mengambil hikmah pada saat kita menghadapinya. Bagi yang telah berkeluarga dan mempunyai anak, mendapatkan pelajaran hidup untuk lebih menghargai orang tua karena merekapun telah menjadi orang tua bagi anak-anaknya sehingga merasakan apa yang orang tua kita rasakan selama ini.

Merawat anak ternyata memerlukan kesabaran yang tidak sedikit. Merawat anak adalah juga melatih batas kesabaran kita. Pada saat itu teringatlah akan kesabaran yang orang tua kita ‘latih’ juga pada saat merawat kita dulu. Hal-hal yang kita alami dalam merawat anak kita sendiri membuat kita lebih menghargai lagi apa yang telah orang tua kita lakukan untuk merawat dan membesarkan kita.

Kasih orang tua terhadap kita takkan habis terbalas dan tak lekang sepanjang masa. Terima kasih Papa, terima kasih Mama…

  • Share/Bookmark

2 Responses so far.

  1. FOX says:

    Susah di bilang. terkadang orang tua tidak bisa mengerti pikiran kita..Jadi terjadi perbedaan pendapat, lalu apakah orang tua berhak mengatur jalan hidup kita selamanya ???

  2. Editor says:

    Bro Fox, tapi gimana pun ‘pangkat’ masih no satu

Leave a Reply