siutaomlmDalam tulisan sebelumnya, saya pernah mengibaratkan Siu Tao seperti sistem bisnis di Multi Level Marketing (MLM). Seperti kita ketahui, dalam bisnis MLM yang akhir-akhir ini kembali marak, kesuksesan seseorang adalah tergantung pribadi masing-masing tanpa memandang siapa yang lebih dulu menggeluti bidang tersebut. Misalnya saya yang baru bergabung dengan suatu bisnis MLM bisa lebih sukses daripada Upliner (Orang yang mengenalkan bisnis tersebut kepada saya), apabila saya lebih rajin dan menjual lebih banyak daripada orang yang berada diatas saya. Walaupun orang tersebut lebih dulu mengenal dan menjalankan bisnis MLM tersebut, saya bisa saja mendahului dan melampaui prestasi yang dicapainya biarpun saya termasuk baru dalam bisnis tersebut. 

Tidak ada aturan yang baku bahwa yang berada diatas kita atau yang sudah menjalaninya lebih dulu akan lebih sukses daripada kita. Semua adalah kemajuan individu masing-masing. Begitu juga dengan Siu Tao yang sedang kita jalani. Misalkan si A yang telah Siu Tao lima tahun kemudian mengenalkan Tao pada saya dan saya pun menerima Tao sebagai jalan hidup dengan Siu Tao yang baik dan benar. Mungkin saja saya bisa mengejar ketertinggalan saya yang lima tahun itu, lebih maju dalam Siu Taonya atau bahkan melebihi si A yang mengenalkan Tao kepada saya. Semua tergantung siapa yang lebih rajin dan lebih mengerti dalam menjalankan Tao pada kehidupan sehari-hari antara yang satu dengan yang lainnya.

Begitupun bagi yang lebih dulu mengenal dan menjalankan Tao harus tetap berusaha memperdalam pengetahuan Tao dan menjalankannya lebih baik dan lebih benar lagi sehingga tidak mati di satu titik agar tidak tersalip oleh TaoYu lain yang baru mengenal Tao belakangan.

Tao mungkin tidak akan habis dijalani dalam satu kehidupan, belajar Tao seumur hiduppun tidak akan selesai. Oleh karena itu, jangan merasa telah memahami semua tentang Tao sehingga tidak mau menggali Tao lebih dalam lagi dan terbuai dengan kehebatan yang semu.

Siu Tao ibarat bisnis Multi Level Marketing, siapa yang lebih giat dan berkemauan lebih keras, dialah yang akan mencapai garis finis terlebih dahulu. Ayo, jangan sia-siakan waktu kita…Ciayoo

  • Share/Bookmark

Leave a Reply