regretBagi orang yang sudah Siu Tao, kadang kala timbul pertanyaan, “Kalau di kehidupan ini saya tidak mendapatkan Tao (Tek Tao), apakah di kehidupan yang akan datang saya akan bertemu lagi dengan Tao?

Mungkin kita tidak bisa memastikan bahwa kita-kita yang Siu Tao di kehidupan sekarang akan bertemu kembali dengan Tao di kehidupan yang akan datang untuk melanjutkan Siu Tao kita. Rasanya tidak segampang itu berharap bertemu lagi dengan Tao di kehidupan mendatang.

Lantas, bagaimana dengan orang-orang yang sudah bertemu dengan Tao di kehidupan sekarang namun tidak tertarik atau belum tertarik mengenal, mempelajari dan menjalankan Tao? Bukankah sangat disayangkan sekali? Memang kata orang,”Mungkin belum jodoh’. Tapi bukankah jodoh atau tidaknya tergantung pula dari kemauan kita sebagai manusia yang menjalankannya?

Orang yang Siu Tao sampai akhir hayat belum mencapai Tao akan merasa menyesal seluruh hidupnya tidak bisa menyelesaikan ‘pelajaran’ Taonya. Bagaimana orang yang telah bertemu Tao namun dilewatkan begitu saja kesempatan tersebut? Jangan pula setelah tua nanti baru teringat akan Tao dan ingin mempelajarinya. Masa hidup yang tersisa tidak akan cukup lagi mempelajari Tao dengan baik.

Hanya penyesalan paling dalam yang akan mengikuti sepanjang sisa hidup. Belajarlah Tao selagi muda karena waktu untuk mempelajarinya akan lebih panjang dan kemungkinan berhasil menjadi lebih baik.

Yang telah menjalani Tao perlu memanfaatkan setiap kesempatan untuk lebih maju. Anggaplah bahwa di kehidupan sekarang ini adalah kesempatan terakhir untuk Siu Tao, Jangan sia-siakan kesempatan.

Sedangkan yang belum menjalani Tao, jangan biarkan kesempatan di kehidupan kali ini berlalu begitu saja karena waktu tidak akan kembali lagi. Jangan sia-siakan kesempatan!

  • Share/Bookmark

2 Responses so far.

  1. Welly S. says:

    Kebanyakan orang yg siu tao memandang Tao itu sesuatu yg terpisah dengan dirinya , jadi perkataan De Dao itu seperti meraih sesuatu diluar dirinya , jika bisa mendapatkan berarti sucses dalam siu tao nya ,
    Bagaimana mungkin mereka yang masih menggunakan cara pandang begini bisa mencapainya ?
    kalau mau mambaca kitab DSLCCC dan memahaminya tentu akan lebih mengerti dan cara pandangnya akan berubah , disana tertulis satu kalimat ” DAO CAI NI XIN CONG ” yang artinya ” DAO ada didalam hatimu ” , ini menunjukan pelajaran XIU XIN YANG XING menjadi sangat relevan , sangat erat hubungannya dengan maksud De Dao , memang karena hanya itu jalan satu2 nya .
    pelajaran nya pertama siu tao adalah XIU XIN YANG XING muter berkembang sampai kemana-mana kembalinya juga ke situ2 juga , jadi memang itu yang jadi intinya .
    Tao yg mau diraih bukan ada dimana-mana , juga bukan ada di tangan DEWA , karena hanya mereka yg bisa merevisi bathinnya yang bisa menyatu dengan TAO yg sudah memang ada dalam hatinya .
    Jika Bathinnya ( pikiran dan hatinya ) bisa menyinarkan / memancarkan kaidah ajaran Tao hidup selaras dengan ajaran Tao itulah namanya DE DAO .

  2. Editor says:

    Thx Sesiung Welly

Leave a Reply