kacamata

Kacamata mempunyai fungsi untuk membantu mata kita agar melihat lebih jelas. Sesuai dengan fungsinya, terdapat kacamata minus, berfungsi untuk membantu mata melihat objek yang jangkauannya agak jauh. Ada pula kacamata plus, yang berfungsi untuk melihat objek yang dekat, biasanya dipakai oleh orang-orang yang sudah agak berumur.

Selain itu sesuai dengan perkembangan jaman, diciptakan pula kacamata netral, suatu kacamata yang tidak minus maupun plus. Kacamata netral ini biasanya dipakai oleh orang-orang hanya untuk menambah penampilan dirinya, semacam aksesoris buat mereka. Ada yang warnanya hitam, coklat, pink, hijau, biru, bahkan ada pula yang bening layaknya kacamata minus atau plus.

Biasanya, yang paling banyak dipakai orang adalah kacamata minus. Hal ini  sangat membantu penglihatan kita untuk  melihat objek yang berada agak jauh dari jangkauan penglihatan yang mulai terganggu.

Mungkin karena sudah terbiasa menggunakan kacamata minus, maka kebanyakan orang menggunakan ‘Kacamata Minus’ pula dalam mengomentari sesuatu dan menilai diri seseorang. Kita terbiasa memberikan pandangan negatif terhadap sesuatu atau seseorang. Apapun yang dikerjakan orang tidak pernah diterima dengan baik, biasanya kritikan, sindiran bahkan cemoohan yang hanya keluar dari mulut kita. Seakan-akan pandangan kita terhalang oleh ‘Kacamata Minus’ kita sehingga hal-hal yang sangat positif pun akan menjadi negatif di mata kita.

Namun bila kita diberi tanggung jawab untuk mengerjakannya, dengan beribu alasan menolaknya untuk menutupi ketidakmampuan diri kita.

Bukankah lebih baik diam daripada hanya bisa memberi komentar tanpa bisa menyumbangkan buah pikiran yang ‘hebat’ itu?

Lebih bijaksana menggunakan ‘Kacamata Netral’ menilai hasil kerja seseorang ataupun diri seseorang. Kita terima dan lihat terlebih dahulu hasil karya orang lain, baru kemudian kita beri masukan yang lebih baik bila terdapat kekurangan apabila kita memiliki kemampuan tersebut. Sebaliknya, bila hasil karya tersebut memang bagus maka kita berikan acungan dua jempol untuk menghargainya.

Marilah kita lepaskan dan buang ‘Kacamata Minus’ kita dan kita kenakan ‘Kacamata Netral’ untuk menambah indah ‘penampilan’ kita.

 

  • Share/Bookmark

Leave a Reply