Middle Aged Sedentary Cacuasian Man Being a Lazy Couch Potato ClipartBelum lama ini, suatu wejangan dari seorang Se Siung membuat saya tersadar bahwa betapa malasnya saya dalam berlatih Tao Ying Suk. Padahal selain merevisi diri dalam kehidupan sehari-hari, latihan wajib kita, Tao Ying Suk sangat sangat bermanfaat bagi kita orang yang Siu Tao.

Begini ilustrasi yang saya dapat. Misalkan pada waktu saya di Tao Ying oleh Se Fu, umur saya 30 tahun, tanpa mendahului kehendak Shen, anggaplah umur saya sampai tutup peti di usia 70 tahun. Berarti, kesempatan saya Siu Tao dan berlatih Tao Ying Suk di kehidupan ini adalah selama 40 tahun. Jika dalam sehari saya berlatih Tao Ying Suk selama 1 jam, maka dalam setahun total latihan saya sekitar 365 jam pertahun dengan asumsi saya tidak absen seharipun.

Dengan jangka hidup saya yang 40 tahun, maka total latihan saya 40 tahun dikali 365 jam adalah 14.600 jam (rasanya cukup banyak bukan?). Tunggu dulu, perhitungan belum selesai. Dari 14.600 jam tersebut bila saya ingin konversikan menjadi hari maka harus dibagi 24, karena dalam sehari terdapat 24 jam, maka hasilnya adalah 608 hari latihan seumur hidup saya. Wah, rasanya masih cukup rajin juga yah saya latihan.

Kita lanjutkan, jumlah hari yang 608 tersebut bila kita bagi dengan 365 (jumlah hari dalam setahun) maka hasilnya adalah 1 tahun, 6 bulan, 6 hari, 6 jam.

What? Dalam jangka waktu hidup saya yang sekitar 40 tahun setelah di Tao Ying, saya ‘HANYA’ menggunakan waktu 1 tahun 6 bulan untuk berlatih Tao Ying Suk? Betapa malasnya saya? Padahal saya mengira saya termasuk rajin dengan asumsi latihan 1 jam dalam sehari. Bagaimana pula bila ternyata saya hanya latihan 30 menit, 15 menit, 10 menit bahkan 5 menit sehari?

Padahal, Tao Ying Suk terdiri dari latihan Shen Kung, Chi Kung dan Cing Co. Bagaimana saya bisa maju bila berlatih 3 jenis latihan dengan waktu yang sesingkat itu? Bagaimana pula bila umur saya tidak sampai 70 tahun? Semakin berkuranglah kesempatan berlatih yang saya punyai.

Melihat kenyataan ini, mulai sekarang, saya akan lebih rajin lagi berlatih Tao Ying Suk sehingga di sisa umur ini, saya dapat memaksimalkan kemajuan saya dalam Siu Tao. Bagaimana dengan Anda?

  • Share/Bookmark

Leave a Reply