hike-trips-mainDalam hidup ini kita sering melakukan perjalanan baik itu jarak dekat maupun jauh. Setiap hari kita pun melakukan perjalanan, dari rumah ke sekolah, dari rumah ke tempat kerja, dari rumah ke pasar dan kemudian kembali kerumah. Bila hari libur tiba, kita melakukan perjalanan yang lebih jauh seperti keluar kota ataupun keluar negeri. Begitu banyak perjalanan yang kita tempuh setiap harinya dan selama hidup kita.

Namun dalam perjalanan tersebut baik yang dekat yang dilakukan sehari-hari maupun perjalanan jauh yang kadang dilakukan dihari libur, kita hanya berusaha menikmati perjalanan itu dengan melihat pemandangan indah yang dilewati, apa saja yang ingin kita lakukan nanti disana, tempat apa yang ingin dikunjungi, barang apa yang ingin dibeli.

Pernahkah kita memperhatikan hal-hal yang mungkin kurang menarik yang terlintas di depan mata kita namun bisa menjadi sesuatu yang bisa kita kaji dan pelajari untuk menambah nilai dalam hidup kita?

Dalam suatu perjalanan liburan, mula-mula yang ada dipikiran saya adalah bersenang-senang sesampainya disana. Di tempat liburan itu saya ingin bermain dipantai, melihat matahari terbenam, melihat pemandangan-pemandangan yang indah.

Semua itu adalah tujuan saya awalnya, namun selama perjalanan itu bila kita memperhatikan hal-hal yang kurang menarik ternyata bisa menjadi pelajaran dan pengalaman bagi proses belajar dalam siutao kita.

Dalam akhir perjalanan itu, ternyata bagi saya bukan tempat tujuan itu yang penting namun pelajaran selama perjalanan itu yang lebih berarti.

Selama perjalanan, saya bisa melihat sifat-sifat diri saya yang kurang baik yang harus bisa dikurangi dan diperbaiki. Ada pula sifat dan tindakan teman perjalanan kita yang tidak perlu diikuti namun banyak pula tindakan-tindakan terpuji dari orang lain yang bisa kita petik dan kita tauladani

Ternyata, setiap perjalanan yang kita tempuh baik itu yang dekat dan yang jauh bila kita bisa mengkaji dan mau mengambil arti dari setiap kejadian yang kita temui, banyak sekali hal-hal yang bisa kita pelajari dan kita pakai untuk memperdalam revisi diri yang sedang kita jalankan.

Manfaatkanlah setiap waktu dan setiap momen yang bisa kita jumpai sebagai bahan renungan untuk diri kita sendiri sehingga waktu dan momen itu tidak berlalu begitu saja.

  • Share/Bookmark

Leave a Reply